Selasa, 14 Februari 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Satuan Pendidikan : MTs. YASMU Kelas / Semester
Kelas / Semester : VII / Genap
Hari / Tanggal : Senin, 13 Februari 2012
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit
A. STANDAR KOMPETENSI
B. KOMPETENSI DASAR
C. NILAI BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.1.2. Siswa dapat menggunakan atau mengucapkan mufrodat dengan tepat dalam berbagai kalimat.
E. MATERI PEMBELAJARAN
1.1.3. Teks Percakapan
1.1.4. Isim-isim Dlomir
1.1.5. Nama-nama anggota keluarga
1.1.6. Kata Tanya Madza Ya'malu...?
1.1.7. Isim Isyarah
F. MODEL PEMBELAJARAN DAN METODE
Model Pembelajaran : Thoriqoh Mubasyaroh, Cooperative Learning
Metode Pembelajaran : Drill, Ceramah, Interview, Diskusi, Resitasi.
G. STRATEGI PEMBELAJARAN

Pertemuan ke-
Uraian Kegiatan
Alokasi Waktu
Media
Referensi
1
a. Pendahuluan
Mengucapkan salam pembuka
Hiwar sederhana sebagai salam pembuka
Berdo’a
Mengabsen siswa
Mengulang materi minggu lalu
Mengeksploitasi kemampuan anak tentang materi yang akan dibahas.
10 menit
Whiteboard, spidol, penghapus
buku paket bahasa arab kelas VII,LKS B. arab kelas VII.
 
b. Kegiatan inti
Guru membacakan teks percakapan tentang Usratiy (keluargaku)
Guru menerjemahkan teks percakapan tentang Usratiy (keluargaku)
Guru menyuruh siswa untuk membaca teks percakapan tentang Usratiy (keluargaku).
Guru menjelaskan tentang isim-isim dlomir
Guru menjelaskan tentang nama-nama anggota keluarga
Guru menyuruh siswa untuk menirukan mufrodat tentang nama-nama anggota keluarga yang telah disebutkan sebelumnya
Guru menjelaskan tentang kata tanya madza ya'malu... ?
Guru menjelaskan tentang isim isyarah
Guru melakukan tanya jawab dengan siswa tentang Usratiy (keluargaku)
Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok untuk membuat kalimat tentang Usratiy (keluargaku)
50 menit
  
 
c. Penutup
Guru menanyakan pada siswa tentang materi yang belum difahami
Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan teks Usratiy (keluargaku), isim-isim dlomir, nama-nama anggota keluarga, kata tanya "madza ya'malu...?" dan isim isyarah
Guru mempersilahkan siswa untuk bertanya
Guru memberi tugas resitasi
Guru memberi motivasi & pesan pada siswa
Guru mengucapkan salam penutup.
20 menit
  

PENILAIAN :

Jenis Evaluasi
Tehnik
Bentuk Instrumen
Soal
Aspek
Skor
Tes Lisan
performan
lembar observasi
bercerita tentang usratiy (keluargaku)
Kognitif, psikomotorik, afektif
@ jawab 10.
Tes Lisan
interview
lembar observasi
wawancara tentang usratiy (keluargaku).
Kognitif, psikomotorik, afektif
@ performance 10.

Kunci Jawaban :
Gresik, 12 Februari 2012
Mengetahui,

Kepala Sekolah Calon Guru
Drs. H. Su'udi Wafa, M.Ag Mir'atul Farikhiyah
Performan, Interview
1.1.1.Siswa dapat melafalkan kosa kata dan kalimat dengan pelafalan yang tepat dan benar.
Religius
Jujur
Mandiri
Demokratis
Komunikatif
Tanggung jawab
1.1. Menyampaikan informasi secara lisan dengan lafal yang tepat dalam kalimat sederhana tentang Usratiy (keluargaku) menggunakan kalimat berstruktur meliputi mubtada' dan khobar (berupa kata kerja/ fi'il mudlari' mufrod).
1. Berbicara / Kalam
Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman, serta informasi melalui kegiatan bercerita dan bertanya jawab tentang Usratiy (keluargaku).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar